Friday 27 April 2012

Membuat Pancake Dengan Cara Mudah


Pancake adalah sejenis rota manis yang berbentuk pipih datar seperti telur datar. Ada banyak jenis resep pancake tetapi semua memiliki bahan dasar tepung, telur, dan susu. Di beberapa negara seperti Amerika dan Kanada pancake biasa digunakan sebagai sarapan dan di beberapa negara lainnya seperti Eropa pancake biasa digunakan sebagai desert atau makanan penutup. Mereka biasanya disajikan secara polos, dengan butter atau mentega, ditaburi gula bubuk, ditambahkan buah dan saus buah, serta keju. Pancake adalah makanan berlemak dan bergula, jika anda menderita diabetes anda tidak dianjurkan makan pancake.

Nah, sekarang akan saya paparkan langkah-langkah membuat pancake, sangat sederhana tetapi anda juga harus cermat dalam mebuatnya agar hasilnya lembut dan enak.

Bahan-bahan membuat pancake:
- 2 cangkir tepung terigu
- 2 butir telur
- 1.5 gelas susu (350ml)
- 1/2 sendok teh baking powder
- 2 sendok makan mentega atau minyak sayur
- 3 sendok makan gula
- 2 sendok teh baking soda

Langkah-langkah membuat pancake: 
1. Masukan telur ke dalam mangkuk lalu kocok hingga mengembang. Campurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu dan baking powder ke dalam satu wadah, jangan dicampur ke dalam telur dulu.

2. Lelehkan mentega ke dalam mangkuk microwave, pastikan mentega tersebut benar-benar meleleh kira-kira 1 menit.

3. Tambahkan mentega yang telah dicairkan tadi dan susu ke dalam adonan kering, lalu campurkan ke adonan telur tadi, aduk perlahan hingga benar-benar halus.

4. Panaskan wajan dengan api kecil menengah, jika kompor anda canggih dan memiliki pengaturan "pancake" maka gunakanlah itu. Oleskan sedikit mentega agar pancake tidak lengket. Lalu tambahkan sedikit air.

5. Tuangkan sekitar 3 sendok makan adonan atau 1/4 cangkir adonan ke wajan yang telah dipanaskan. Jumlah yang anda tuangkan akan mempengaruhi ukuran pancake anda.

6. Masak sekitar 2 menit hingga warna pancake menjadi keemasan dan muncul gelembung-gelembung diatasnya lalu balik pancake dan masak hingga keemasan. Balikkan lagi selama 30 detik masing-masing sisi dan pancake pun matang dan siap untuk disajikan.

7. Tambahkan mentega, gula pasir, seres, atau saus buah sesuai selera anda dan tambahkan  sedikit potongan buah kesukaan.

No comments:

Post a Comment