Tuesday 3 April 2012

Bagaimana Cara Menjalani Hidup Obesitas Anda

Obesitas adalah suatu kondisi umum dan banyak orang mengalaminya, tetapi kombinasi dari stigma dan kurangnya pemahaman tentang asal muasal dan penyebab obesitas menyebabkan banyak salah persepsi dan keminderan tersendiri bagi penderitanya. Tidak perlu takut, anda tidak sendiri. Banyak komunitas pendukung yang besar bagi penderita obesitas, dan banyak cara untuk mengatasi atau mengurangi obesitas tanpa harus mengorbankan kesehatan anda. Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Kenali sejarah tubuh anda. Sebagai penderita obesitas, anda pasti mengalami banyak perubahan ukuran dan bentuk tubuh mulai dari kecil hingga dewasa, atau sebaliknya bentuk tubuh anda memang sudah berukuran jumbo dari dulu. Berbagai diet dan program penurunan berat badan mungkin telah anda lakukan, mencintai bahkan membenci tubuh sendiri, dan sorotan-sorotan dari teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kekasih anda. Luangkan waktu untuk mengingat dan mempelajadi sejarah perkembangan tubuh anda.

2. Lakukan inventory tubuh anda. Mengevaluasi apa yang terjadi dan rasakan pada tubuh anda sekarang. Bagaimana perasaan anda ketika memikirkan bentuk tubuh anda yang sekarang, adakah hal yang anda sukai dari tubuh anda, apakah anda membenci tubuh anda. Buatlah catatan dari setiap perasaan negatif dan positif dari bentuk tubuh anda. Pikirkan perasaan negatif tentang bentuk tubuh anda dikaitkan dengan pelajaran yang telah anda dapatkan tentang obesitas di sekolah, kantor, ataupun dari media.

3. Ambil gambaran dan kata-kata positif tentang obesitas yang anda derita ke dalam hidup anda. Carilah model, teman, atau orang lain (terlihat menarik walaupun obesitas) yang kira-kira memiliki bentuk tubuh hampir sama dengan anda atau memiliki karakteristik yang sama dengan anda. Pikirkan bahwa andapun dapat terlihat menarik seperti mereka dengan obesitas yang anda derita. Carilah teman yang mungkin memiliki kesamaan hobi dengan anda. Pikirkan tentang kegiatan yang dapat anda lakukan dengan ukuran tubuh saat ini seperti olahraga yang cocok, seni, yoga, atau tarian. Jika anda merasa tidak dapat menjalankan hobi tersebut karena masalah berat badan tetapi anda sangat tertarik untuk melakukannya, cobalah memikirkan alternatif lain yang kira-kira bisa anda lakukan. Carilah DVD atau buku tentang hobi tersebut yang mengarah untuk orang gemuk. Ada juga komunitas besar yang bergerak dibidang "fatshion" yaitu memilih pakaian yang modis untuk ukuran tubuh anda. Usahakan selalu menanggapi hinaan-hinaan dari orang dengan cara positif, jika teman atau seseorang mengatakan anda gemuk, jawablah: ya inilah saya.

4. Perhatikan kesehatan seluruh tubuh anda. Mungkin sebelumnya anda telah mengetahui bahwasanya anda tidak dapat bertubuh gemuk yang sehat, disini tujuan anda adalah untuk menurunkan berat badan. Dokter mungkin akan mengabaikan kesehatan anda dan menurunkan berat badan adalah satu-satunya pemecah masalah. Usahakan untuk tidak menanggapi komentar orang-orang, obesitas berhubungan dengan berbagai macam hal, tetapi anehnya kebanyakan dari hal tersebut belum terbukti sebagai penyebabnya. Biasanya obesitas terjadi diluar kendali kita, diet dan olahraga serasa tidak dapat membantu banyak.
- Carilah sumber-sumber terkait seperti "Kesehatan di setiap ukuran tubuh".
- Carilah dokter yang mendukung anda sepenuhnya.
- Jadikan kesehatan sebagai tujuan utama, bukan menghilangkan berat badan.

5. Menolak diskriminasi. Jangan biarkan orang meremehkan dan menghinda anda atau mengucilkan anda dari lingkungan karena berat badan anda. Jika teman-teman, rekan kerja, ataupun keluarga memperlakukan anda secara tidak adil pikirkanlah apa obat dari semua itu. Tentu saja ini akan sedikit repot. Mungkin untuk sementara anda cukup dengan menghindari saat-saat seperti itu.

No comments:

Post a Comment