Thursday 29 March 2012

Bagaimana Cara Menentukan Suhu / Temperatur Air Mandi Aromaterapi

1. Tentukan tujuan anda mandi dengan aroma terapi untuk mencari ketenangan dan sekedar bersantai atau untuk mencari stimulasi. Secara umum, pemilihan minyak aroma terapi akan dipengaruhi oleh motivasi anda untuk mandi dengan aroma terapi. Kebanyakan orang dapat bersantai dengan hanya mandi air hangat, tetapi menambahkan sedikit aroma terapi tentu akan lebih menambah suasan nyaman dan tenang saat anda berendam. Anda akan bersemangat lagi untuk bepergian walaupun setelah melakukan aktifitas seharian seperti bekerja dan olahraga karena mood dan pikiran anda telah segar kembali.

2. Menentukan suhu air bathtub. Suhu air yang digunakan untuk berendam di bathtub dapat bervariasi dari panas hingga dingin, tergantung selera anda kesan yang anda inginkan dari mandi aroma terapi. Berikut akan dijelaskan panduan suhu air untuk mandi aroma terapi, jika anda memiliki catatan medis tentang suhu air yang terlalu panas atau dingin, sebaiknya menanyakan pada dokter anda.

Mandi Dengan Suhu Air Dingin. Mandi dengan air dingin memiliki kisaran temperatur air antara 21 -27 º C atau 70 - 80 º F. Mandi dengan suhu ini dapat membantu merangsang dan meningkatkan sirkulasi pernapasan, aktifitas otot dan membantu berbagai keluhan kulit. Waktu yang tepat untuk mandi (berendam) dengan suhu dingin yaitu sekitar 2 - 5 menit.


Mandi Dengan Suhu Air Hangat. Mandi (berendam) dengan air hangat memiliki kisaran temperatur air antara 27 - 34 º C atau 80 - 93 º F. Kebanyakan orang memilih mandi dengan air hangat untuk mengilangkan stress karena pekerjaan atau masalah sehari-hari dan sekedar ingin bersantai. Dengan menambahkan sedikit minyak aroma terapi tentu akan membawa kesan nyaman dan lebih santai. Waktu yang terbaik untuk melakukan mandi aroma terapi dengan air hangat yaitu sekitar 20 menit.

Mandi Dengan Suhu Air Panas. Mandi (berendam) dengan air panas memiliki kisaran temperatur air antara  38 - 40 º C atau 100 - 104º F. Mandi aroma terapi dengan air panas baik untuk anda yang sedengan menderita demam karna flu dan membantu menghilangkan racun karena uap air yang dikuliarkan akan meningkatkan keringat yang membawa racun-racun dalam tubuh. Mandi aroma terapi dengan air panas tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur, wanita hamil, kelainan jantung, dan pengidap varises. Walaupun anda dalam kondisi sehat, tidak dianjurkan untuk melakukan mandi air panas terlalu sering karena cenderung akan meningkatkan denyut jantung, memperbesar pembuluh darah dan kapiler sehingga anda akan merasa lelah dan lemah.

3. Pastikan anda telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum mandi dengan aroma terapi. Mandi dengan aroma terapi itu seperti ritual yang telah dipraktekkan selama ribuan tahun oleh manusia. Siapkan handuk bersih di tempat yang mudah terjangkau, siapkan beberapa pilihan minyak aroma terapi, sabun faforit, serta perlengkapan mandi lainnya.

Baca juga:

Bagaimana Cara Memilih Aroma untuk 'Aroma Theraphy Bath' (Mandi dengan Aroma Terapi)

No comments:

Post a Comment